Beberapa TIPS Sebelum Membeli PC

Posted By Yasuraoka Hanabi on Monday, November 13, 2017 | November 13, 2017




 Hay!! Balik lagi nih sama gue. Buat kesempatan kali ini gue bakal ngebahas tentang tips tips apa aja si yang harus di perhatiin kalo mau beli pc, supaya kalian ga nyesel nantinya. Oke langsung aja yang pertama..
1. Buat keperluan apa?
Pertama yang harus kalian perhatiin adalah apa tujuan kalian beli pc, buat sekolah kah, gaming kah atau buat kerja?
Soalnya pertanyaan itu harus di ajukan ke diri kalian sendiri sebelum beli pc, karna nanti bisa disesuaikan dengan apa yang kalian butuhin.



2. Mau kinerja yang kaya gimana?
Central Processing Unit (CPU) adalah “otak” komputer, CPU adalah hal penting yang nentuin kinerja komputer nantinya. Kalo kalian mau beli PC baru, kalian juga harus paham sama fungsi CPU. Pas kalian masuk toko komputer, ada banyak hal lain yang juga dipromosiin. Misalnya Giga atau RAM, atau kartu grafis, ataupun penyimpanan data (storage). Ada banyak komponen lain ngalihin perhatian kalian, tapi jangan lupa jadiin prosesor buat pertimbangan pertama ya!
Biasanya kebanyakan orang kalo make komputer itu ngga cuma pake buat satu

kerjaan, contohnya internetan sambil musikan dan masih banyak lagi. Nah disini

komputer-komputer modern udah punya beberapa core (“otak”) yang bisa 

memproses beberapa kegiatan sekaligus. Sayangnya, kebanyakan konsumen pas beli

komputer juga “mengupgrade” beberapa komponen komputernya, tapi cuma dapet

peningkatan kinerja komputer yg kecil.  



3. Apa aja yang suka bikin keliru?
Biasanya kebanyakan orang beli ekstra Memory, hard drive tambahan dan bahkan baterai ekstra, sedangkan sebenernya yang di butuhin itu adalah  dengan beli prosesor terbaik pas pembelian supaya dapet kinerja lebih baik.
Buat pengguna PC pada umumnya, RAM 2GB udah cukup buat keperluan sehari hari. Kalian bisa gunain software secara bersamaan, kaya internetan sambil musikan, bahkan sambil ngegame juga bisa. Upgrade RAM dari 2GB jadi 4GB biasanya Cuma ningkatin kinerja yang sedikit di banding pake RAM 2GB dan mengupgrade prosesor pake tingkat yang lebih tinggi, dan dapet kinerja yang lebih baik.
Mungkin kalian bakal dapet masukan dari temen temen yang di anggep ahli dalam “clock speed“, kecepatan prosesor nyelesaiin tugas. Makin tinggi Gigahertz (GHz), dulu makin tinggi angka itu berarti makin cepet juga kinerja prosesornya.
Kemajuan teknologi saat ini telah memungkinkan CPU punya kinerja yang lebih tinggi

tanpa clock speed.  Gue pernah denger kalo “Beberapa prosesor Intel mendapatkan

kekuatan ekstra pada saat dibutuhkan dengan Teknologi Turbo Boost. Turbo Boost

tersebut tidak aktif saat tidak dibutuhkan, untuk menghemat konsumsi pemakaian

listrik, tapi akan menyala secara otomatis ketika diperlukan dan membantu CPU untuk beroperasi lebih cepat dari clock speed-nya.
Perlu juga untuk diingat bahwa membandingkan ”clock-speed“ hanya dapat dilakukan antara prosesor-prosesor dari merek yang sama.  Karena jumlah core – unit prosesor di dalam setiap CPU – mungkin berbeda, di mana juga teknologi dan cara CPU tersebut dibuat dari masing-masing merk adalah sangat berbeda, oleh karena itu, membandingkan clock speed antara CPU dari merek berbeda tidak dapat memberikan informasi yang berarti bagi anda”.

Kebanyakan chip papan atas/High End punya dua (dual core) atau empat (quad core) core. Tapi, perbandingan jumlah core di prosesor dari produsen yang beda juga cukup susah. Makin banyak core ngga selalu berarti kasih kinerja yang lebih baik. Misalnya, satu prosesor dual core Intel dalam CPU kalian punya kinerja sampai 37% lebih tinggi dibanding CPU quad core merk lainnya. Kalo diterjemahin ke istilah komputasi, ini berarti kalian dapat mengonversi 25 lagu jadi MP3 dalam waktu 5 menit, atau mengubah ukuran lebih dari 42 foto dalam satu menit.
 
4. Kartu Grafisnya yang gabung atau yang pisah?



Hal lain yang harus kalian pertimbangin adalah kartu grafis. Pas maen game, nonton video, atau pasang film Blu Ray, disitulah kaliian bakal mikir kualitas grafis PC. Nah disini kalian punya pilihan, mau yang gabung atau pisah?
Kadang kita sering keliru dengan pembelian komputer pake kartu grafis yang pisah dan mahal, dan di kombinasi dengan prosesor papan bawah ?low end. Sayangnya kombinasi itu cuma bisa sedikit ningkatin tampilan grafis.
Buat ngelakuin banyak aktifitas sekaligus, kalian ga perlu pake kartu grafis yang pisah dan mahal. Kalo kalian mau ningkatin kinerja komputer kalian  di aplikasi pengguna komputer, bakal lebih baik kalo kalian meng-upgrade prosesor pake salah satu CPU yang berteknologi Core Intel. Core ntel, bisa meningkatkan kulaitas grafis sesuai yang kalian pengen. Kalo kalian hardcore game 3D, pake komputer buat aplikasi arsitektur atau ilmu teknik, atau bikin desain grafis yang rumit, atau ngedit video profesional, dengan kartu grafis yang pisah belum tentu ngasih keuntungan kinerja grafis  3D kaya yang di harapkan kalo ga di pasang sama upgrade PC yang sesuai. Keuntungan yang didapat dari mindahin proses ke sistem kartu grafis pisah, cuma terbatas di beberapa fitur dari beberapa aplikasi PC yang berhubungan dengan tampilan grafisnya aja.
Dengan upgrade CPU maka kalian bisa ningkatin kecepatan proses di komputer. 
5. Mana yang harus dibeli?

Beli PC adalah keputusan besar. Zaman sekarang PC udah jadi salah satu bagian penting buat kalian. Pembelian PC harus dipikirin baik-baik  dan didasarkan atas aktifitas yang akan kalian kerjakan, begitu juga kinerja yang kalian butuhin. Hal paling utama buat nentuin kinerja komputer adalah dengan milih CPU yang pas.
Maka dari itu, jangan pusing pusing mikirin soal upgrade atau komponen tambahan yang ga di butuhin. Cukup pastiin kalo kalian udah pilih PC yang tepat, dengan gitu kalian bisa dapet kinerja PC yang sempurna.
Nah itu secerca tips sebelum membeli PC dari gue, semoga bermanfaat ya ^_^
 

 
Blog, Updated at: November 13, 2017

0 comments:

Post a Comment